Sebagai mahluk sosial kita tidak bisa hidup sendiran, oleh karena itu kita harus saling menghormati dan menghargai,
Sudah dipastikan! pasti membutuhkan bantuan orang lain. Namun dalam melakukan kegiatan sosial atau ditempat kerja sering terjadi perbedaan pendapat bahkan menimbulkan perselisihan.
Hal ini tentu menjadi tidak nyaman, kita yang seharusnya bersatu untuk memajukan perusahaan, namun karena perbedaan pendapat sehingga komunikasipun menjadi tidak lancar. oleh karena itu, kita sebagai mahluk sosial harus menghindari hal tersebut.
Solusinya yang terpenting adalah kesadaran diri sendiri bahwa perbedaan pendapat adalah hal yang biasa, dan menghargai pendapat orang lain itu adalah suatu kewajiban.
Beberapa hal menghargai orang lain:
1. Menghargai Orang Lain Bukan Menunjukkan Kelemahan
Sejak dahulu, kita merasa lemah dan kalah jika kita kalah dalam berargumen atau bersikap menghargai orang lain, dengan sikap kita menghargai keputusannya berarti kita telah mengajarkan kepada orang lain bagai mana mereka juga harus menghargai pendapat kita, sehingga tidak diperlukan adanya perselisihan. Jadi menghargai bukan berarti kalah atau lemah tetapi kita memiliki pemikiran yang sangat dewasa
2. Menjadi Lebih Matang
Dengan bersikap saling menghormati tentu kita akan menjaga ucapan kita, karena dari sinilah yang paling sering terjadi perselisihan, meskipun orang lain memancing emosi kita, sebaiknya kita tahan amarah kita dan menjawab dengan tenang.
Hal ini memang sangat sulit untuk dilakukan namun dengan berjalannya waktu kita akan semakin matang, dalam menghadapi perbedaan pendapat. Dengan tidak mengikutsertakan emosi dalam berfikir maka keputusan yang akan diambil akan lebih baik.
3. Orang Lain Akan Menghormati
Sikap menghargai orang lain merupakan nilai manusia yang terbaik di dunia, tak ternilai harganya. Dimanapun dan kemanapun kita bepergian, jika kita selalu bersikap menghormati dan menghargai orang lain, maka hati orang lain akan terbuka dan akan balik menghoramati kita.
Saling menghormati tentu di bangun dengan rasa pengertian dan kebajikan, tidak dengan cara - cara yang keras dan negatif. Hargai orang lain, misalnya dalam suatu perusahaan ada yang berbeda pendapat, maka hargailah, karena mungkin dia memiliki cara yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama untuk memajukan perusahaan.
4. Komunikasi dan Kerjasama akan terbangun
Bersaing secara sehat adalah wajar, namun jangan sampai menimbulkan perselisihan, meskipun berbeda pendapat tetapi harus saling pengertian, dengan saling menghormati dan menghargai komunikasi dapat dilakukan sehingga kerjasamapun bisa terbangun.
Yuk saling menghargai, meskipun berbeda pendapat, berbeda keyakinan, berbeda pandangan tapi pasti kita memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk kebaikan.
jika kamu memiliki pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar ya...
Comments
Post a Comment