Sebelum kita belajar tentang Dasar Microsoft Excel yang Wajib diketahui, sebaiknya kita tahu dulu Apa itu Microsoft Office Excel ? Apa pengertian Microsoft Excel?
Sebagian besar kita sebenarnya sudah tahu apa itu microsoft excel yaitu salah satu program aplikasi untuk mengerjakan data di komputer windows atau Mac OS, atau
Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Biasanya Excel ini satu paket dalam yaitu microsoft Office, yang didalamnya ada Excel, Microsoft Word, dan PowerPoint, kemungkinan program-program ini memang khusus dibuat untuk aplikasi perkantoran, sesuai dengan namanya, Office.
- Dari kiri ke kanan layar atau sebaliknya (Horizontal), hal tersebut dinamakan Baris. Baris di Excel diwakilkan dengan angka yang berurutan dari 1 dan seterusnya.
- Dari atas ke bawah layar atau sebaliknya (Vertikal), hal tersebut dinamakan Kolom. Kolom di Excel diwakilkan dengan huruf yang berurutan dari huruf A dan seterusnya.
- Jika anda mengklik ruang kosong di halamannya, hal tersebut dinamakan Sel. Sel di Excel diwakilkan dengan kombinasi kolom dan baris seperti A1, B2, D10, dan lain-lain. Jika D10, maka sel tersebut berada di kolom D dan pada baris 10.
1. Perhitungan Dasar Di Excel
Hal pertama yang akan kita pelajari adalah bagaimana perhitungan dasar di excel, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.
di excel dalam mengolah data menggunkan fungsi, Fungsi atau yang lebih dikenal dengan Rumus ini digunakan untuk memanipulasi data atau menghitung data, penulisan Rumus pada excel harus di awali dengan "=".Berikut tanda/operator yang bisa anda gunakan untuk perhitungan dasar di Excel:
- “+” Untuk melakukan operasi pertambahan.
- “-” Untuk melakukan operasi pengurangan.
- “*” (Tanda bintang/SHIFT + 8) Untuk melakukan operasi perkalian.
- “/” (Garis miring) Untuk melakukan pembagian
Setelah mengetahui perhitungan dasar pada excel hal yang harus dilanjutkan adalah melakukan latihan-latihan agar lebih lancar dalam penggunaannya, kemudian kita bisa mengembangkan ke perhitungan yang lebih komplek lagi.
2. Perhitungan Otomatis (AutoSum)
Setelah kita memahami perhitungan dasar di excel, selanjutnya kita akan belajar bagaimana menghitung otomatis yang telah disediakan oleh Excel. Kalau ada yang otomatis kenapa harus pakai yang manual he he
Disini kita tidak perlu memikirkan fungsi/rumus untuk menghitungnya, akan tetapi langsung saja klik Formulas>Autusum,
Misalkan kita akan menjumlahkan data pada kolom B, maka caranya cukup di blog pada kolom tersebut kemudian klik Autosum>Sum, maka akan terjumlah secara otomatis.
berikut ini keterangan dari fungsi Autosum :- SUM: Penjumlahan
- Average: Mencari nilai rata-rata.
- Count Numbers: Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.
- Max: Mencari nilai paling besar.
- Min: Mencari nilai paling kecil.
3. Otomatisasi Data
4. Memformat Angka
Gambar di atas tidaklah rapi, maka dari itu kita bisa menggabungkan 2 baris menjadi satu agar menjadi lebih rapi. caranya blok baris atau kolom yang akan kita gabungkan kemudian klik Merge & Center
6. Membuat Grafik
Hal itu memang sudah di siapkan di excel dan caranya sangat mudah, misalnya kita akan membuat kata "Buku" menjadi horizontal maka caranya yaitu blok buku, kemudian klik kanan> Format Cell
8. Mencetak Lembar Kerja (Print)
Kedua, perhatikan apakah kita akan mencetak secara Potrait atau Landscape tentu saja kita sesuaikan dengan kebutuhan.
Ketiga, pilih mode Page Break Preview maka akan ada garis bantu berupa garis biru, pastikan halaman yang akan kita print tidak keluar garis biru tersebut,
Keempat, Jika data yang akan kita cetak masih keluar dari garis biru, untuk mengatasinya kecilkan Scala, sesuaikan dengan data yang kita miliki sampai tidak keluar dari garis biru.
Comments
Post a Comment